Modul Fase D Bilangan Bulat positif dan Bilangan Bulat Negatif Kurikulum Merdeka

IDENTITAS DAN INFORMASI MENGENAI MODUL


Kode Modul Ajar

MAT. D. PRJ. 7.1

Kode ATP Acuan

ATP_MAT_Priscylia J.K._SMP_D

Nama Penyusun/Institusi/Tahun

Sobat Jawir/SMP Muhammadiyah 13/2023

Jenjang Sekolah

SMP

Fase/Kelas

D/7

Domain/Topik

Bilangan/ Bilangan Bulat

Kata Kunci

Bilangan Bulat positif dan Bilangan Bulat Negatif

Pengetahuan/Keterampilan

Prasyarat

Mengenal bilangan

Penggunaan garis bilangan

Alokasi waktu (menit)

80’

Jumlah Pertemuan (JP)

2 JP

Moda Pembelajaran

Tatap Muka (TM)

Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ Synchronous)

Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ Asynchronous)

Blended Learning (Paduan Tatap Muka dan PJJ)

Metode Pembelajaran

Discovery Learning

Problem-Based Learning

Project-Based Learning

Sarana Prasarana

Ruang kelas, laptop dan proyektor dan printer.

Target Peserta Didik

Regular/tipikal

Hambatan Belajar

Cerdas Istimewa Berbakat Istimewa

Karakteristik Peserta Didik


Daftar Pustaka
Anggraena Y., dkk, 2019. Buku Pengayaan & Penilaian MOZAIK Matematika: SMP/MTS kelas VII, Jakarta: Yudhistira

Kemendikbud. 2018, Matematika Kelas VII SMP/MTS: Buku Siswa Semester 1, Jakarta: Puskurbuk.

Nuharini D., dan Wahyuni T., 2009, Matematika konsep dan aplikasinya: Buku untuk kelas VII SMP dan MTS, Jakarta: Pusat Perbukuan




Gambaran Umum Modul (rasionalisasi, urutan materi pembelajaran, rencana asesmen):


Rasionalisasi

Guru memberikan stimulus kepada siswa dengan menanyakan beberapa kegunaan bilangan bulat dalm kehidupan sehari. Kemudian Siswa diberikan informasi mengenai LK yang harus dikerjakan secara berkelompok, siswa di beriwaktu untuk berdiskusi dan mempresentasikan hasil diskusinya dan mengumpulkan hasik diskusi dalam bentuk LK nya kepda guru. Diakhir kegiatan siswa diberikan soal kuis untuk asesmen individunya.

Urutan Materi Pembelajaran

Pengertian bilangan bulat, penggunaan bilangan bulat dalam kehidupan sehari-hari, letak bilangan bulat pada garis bilangan, menyatakan hubungan antara dua bilangan bulat.

Rencana Asesmen

Bagaimana guru menilai ketercapaian Tujuan Pembelajaran?

Asesmen individu dilakukan dalam latihan soal kuis, sedangkan asesmen kelompok dilakukan dari hasil diskusi kelompok.

Jenis Asesmen

Asesmen dilakukan dalam perfoma ketika presentasi hasil diskusi kelompok dan hasil portofolio dari lembar kerja siswa, kemudian tes tertulis berupa kuis untuk asesmen individu.




LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN


Topik: Bilangan Bulat

Tujuan Pembelajaran


Dengan menggunkan model pembelajaran PBL siswa diharapkan dapat

Memberikan contoh bilangan bulat dalam permasalahan kehidupan sehari-hari.

Menentukan Bilangan Bulat pada garis bilangan

Membandingkan dan mengurutkan bilangan bulat


Pemahaman Bermakna

Dalam sebuah ruangan dipasang sebuah termometer suhu. Pada pengukuran suhu menggunakan termometer, untuk menyatakan suhu dibawah 0

0 C digunakan tanda negatif (-). Air mendidih pada suhu 1000C dan membeku pada suhu 00C. Jika air berubah menjadi es, maka suhunya kurang dari 00C.

Pertanyaan Pemantik

Suhu kota Bandung 210C, sementara pada jam yang sama kota Jakarta suhunya lebih tinggi 100C dari kota Bandung. Berapakah suhu di kota tokyo jika lebih rendah 350C dari kota Jakarta.

Profil Pelajar Pancasila

  • Beriman & Bertakwa terhadap Tuhan YME
  • Berkebhinekaan Global
  • Bernalar Kritis
  • Kreatif
  • Bergotong royong
  • Mandiri

Urutan Kegiatan Pembelajaran


A. Kegiatan Pendahuluan

Siswa melakukan do’a sebelum belajar (meminta seorang peserta didik untuk memimpin do’a)

Guru mengecek kehadiran siswa dan meminta siswa untuk mempersiapkan perlengkapan dan peralatan yang diperlukan

Siswa menerima informasi tentang pembelajaran yang akan dilaksanakan dengan materi yang memiliki keterkaitan dengan materi sebelumnya.

Siswa menerima informasi tentang kompetensi, ruang lingkup materi, tujuan, manfaat, langkah pembelajaran, metode penilaian yang akan dilaksanakan

Guru bertanya mencari informasi tentang penerapan bilangan bulat dalam kehidupan sehari-hari dan siswa menjawab dengan prediksi masing-masing.

Guru mengaitkan bilangan bulat yang diajarkan dengan kehidupan nyata.

Langkah 1. Klarifikasi Masalah

Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok yang terdiri 4-5 orang

Siswa dalam memperhatikan dan mengamati penjelasan yang diberikan guru yang terkait dengan permasalahan yang melibatkan bilangan bulat serta penyajian garis bilangan pada bidang secara umum

Siswa dalam kelompok mengamati tayangan audiovisual

B. Kegiatan Inti

misalkan tentang masalah-masalah yang penerapan konsep bilangan bulat serta penyajian garis bilangan

Guru membagikan LK dan siswa membaca petunjuk, mengamati LK (LK berisi tentang permasalahan yang berhubungan dengan bilangan bulat serta penyajian garis bilangan

Guru memotivasi siswa dalam kelompok untuk menuliskan dan menanyakan permasalahan hal-hal yang belum dipahami dari masalah yang disajikan dalam LK serta guru mempersilahkan siswa dalam kelompok lain untuk memberikan tanggapan, bila diperlukan guru memberikan bantuan komentar secara klasikal

Langkah 2. Brainstorming

Siswa melakukan diskusi dalam kelompok masing-masing berdasarkan petunjuk yang ada dalam LK (misalkan: dalam LK berisikan permasalahan dan langkah-langkah pemecahan serta meminta siswa dalam kelompok untuk bekerja sama untuk menyelesaikan masalah berkaitan dengan bilangan bulat serta penyajian garis bilangan)

Siswa dalam kelompok melakukan brainstorming dengan cara sharing information, dan klarifikasi informasi tentang permasalahan yang terdapat tayangan video tentang “bilangan bulat”

Langkah 3. Pengumpulan Informasi dan Data

Siswa masing-masing kelompok dalam kelompok juga membahas dan berdiskusi tentang permasalahan berdasarkan petunjuk LK untuk:

Mengidentifikasi bilangan bulat

Menjelaskan bilangan bulat.

Menentukan letak bilangan bulat positif, nol bilangan bulat negatif.

Menyajikan dalam bentuk garis bilangan.

Siswa melakukan eksplorasi seperti dalam poin 8, dimana mereka juga diharapkan mengaitkan dengan kehidupan nyata

Guru berkeliling mencermati siswa dalam kelompok dan

menemukan berbagai kesulitan yang di alami siswa dan memberikan kesempatan untuk mempertanyakan hal-hal yang belum dipahami

Guru memberikan bantuan kepada siswa dalam kelompok untuk masalah-masalah yang dianggap sulit oleh siswa

Guru mengarahkan siswa dalam kelompok untuk menyelesaikan permasahan dengan cermat dan teliti

Langkah 4. Berbagi Informasi dan Berdiskusi untuk Menemukan Solusi Penyelesaian Masalah


Guru meminta siswa untuk mendiskusikan cara yang digunakan untuk menemukan semua kemungkinan pemecahan masalah terkait masalah yang diberikan

Siswa dalam kelompok masing-masing dengan bimbingan guru untuk dapat mengaitkan, merumuskan, dan menyimpulkan tentang bilangan bulat serta penyajian garis bilangan

Siswa dalam kelompok menyusun laporan hasil diskusi penyelesaian masalah yang diberikan terkait bilangan bulat serta penyajian garis bilangan

Langkah 5. Presentasi Hasil Penyelesaian Masalah


Beberapa perwakilan kelompok menyajikan secara tertulis dan lisan hasil pembelajaran atau apa yang telah dipelajari pada tingkat kelas atau tingkat kelompok mulai dari apa yang telah dipahami berkaitan dengan permasahan kehidupan sehari-hari berdasarkan hasil diskusi dan pengamatan

Siswa yang lain dan guru memberikan tanggapan dan menganalisis hasil presentasi meliputi tanya jawab untuk mengkonfirmasi, memberikan tambahan informasi, melengkapi informasi ataupun tanggapan lainnya.

Langkah 6. Refleksi

Siswa melakukan refleksi, resume dan membuat kesimpulan secara lengkap, komprehensif dan dibantu guru dari materi yang yang telah dipelajari terkait bilangan bulat serta penyajian garis bilangan.

Guru memberikan apresiasi atas partisipasi semua siswa

C. Kegiatan Penutup

Guru memberikan tugas mandiri sebagai pelatihan keterampilan dalam menyelesaikan masalah matematika yang berkaitan dengan bilangan bulat serta penyajian garis bilangan

Melaksanakan postes terkait bilangan bulat serta penyajian garis bilangan

Siswa mendengarkan arahan guru untuk materi pada pertemuan berikutnya

Untuk memberi penguatan materi yang telah di pelajari, guru memberikan arahan untuk mencari referensi terkait materi yang telah dipelajari baik melalui buku-buku di perpustakaan atau mencari di internet.

Guru memberikan tugas



Refleksi Guru

Apakah didalam kegiatan pembukaan siswa sudah dapat diarahkan dan siap untuk mengikuti pelajaran dengan baik?

Apakah dalam memberikan penjelasan teknis atau intruksi yang disampaikan dapat dipahami oleh siswa?

Bagaimana respon siswa terhadap sarana dan prasarana (media pembelajaran) serta alat dan bahan yang digunakan dalam pembelajaran mempermudah dalam memahami konsep bilangan?

Bagaimana tanggapan siswa terhadap materi atau bahan ajar yang disampaikan sesuai dengan yang diharapkan?

Bagaimana tanggapan siswa terhadap pengelolaan kelas dalam pembelajaran?

Bagaimana tanggapan siswa terhadap latihan dan penilaian yang telah dilakukan?

Apakah dalam kegiatan pembelajaran telah sesuai dengan alokasi waktu yang direncanakan?

Apakah dalam berjalannya proses pembelajaran sesuai dengan yang diharapkan?

Apakah 100% siswa telah mencapai penguasaan sesuai tujuan pembelajaran yang ingin dicapai?

Apakah arahan dan penguatan materi yang telah dipelajari dapat dipahami oleh siswa?

Refleksi untuk Peserta Didik

Pada bagian mana dari materi “Bilangan bulat” yang dirasa kurang dipahami?

Apa yang akan kamu lakukan untuk memperbaiki hasil belajar pada materi ini?

Kepada siapa kamu meminta bantuan untuk lebih memahami materi ini?

Berapa nilai yang akan kamu berikan terhadap usaha yang kamu lakukan untuk memperbaiki hasil belajarmu? (jika nilai yang diberikan dalam pemberian bintang 1- bintang 5)



LAMPIRAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK

LEMBAR KERJA KELOMPOK

MATERI POKOK: BILANGAN BULAT

Nama Kelompok

Anggota Kelompok 1. ........................................

2. ........................................

3. ........................................

4. ........................................

5. ....................
....................

A. Petunjuk Umum

Perhatikan penjelasan dari guru

Amati lembar kerja ini dengan seksama

Baca dan diskusikan dengan teman kelompokmu dan tanyakan kepada guru jika ada hal yang kurang dipahami.

Setiap kelompok akan mendapatkan alat dan bahan dalam mengerjakan LK ini.

Gunakan alat dan bahan tersebut untuk memahami bilangan bulat.

B. Tugas/ Langkah-langkah Kegiatan


Persiapkan alat dan bahan yang akan digunakan yaitu karton, penggaris, spidol dan dadu.

Buatlah kotak seperti gambar berikut pada sebuah karton.



Letakkan dadu diatas titik berwarna orange, lalu kalian tuliskan angka nol.

Geserkanlah dadu diatas kesebelah kanan, satu langkah tulis +1. Tanda + bisa tidak di tuliskan.

Kembali dadu ke lingkaran orange atau angka nol.

Geserkan dadu kesebelah kiri, satu langkah tulis -1.

Dari pergeseran dadu ke kiri dan kekanan didapat angka 1 yang berbeda atau lawannya. Ke kanan +1 dan ke kiri -1.

Coba kalian ulangi pergesaran dadu seperti cara nomor 3, 4, 5 dan 6 apabila kekanan atau kekiri dadunya.

Tuliskan hasil pergeseran dadu tadi kedalam karton yang kalian buat sesuai banyaknya langkah dalam bentuk bilangan.




Gabungkan bilangan-bilangan yang diperoleh berdasarkan urutan dari gambar yang diperoleh di karton yang kalian buat. { ...., ...., ...., ...., ...., ...., ...., ...., .... ,...., ....}

Berdasarkan kegiatan diatas, maka diperoleh tiga macam bilangan yang terdiri dari:

....

....

....

C. Latihan

Budi berdiri di atas lantai berpetak, dia berdiri disatu titik dan dinamakan titik 0. Garis pada petak didepan Budi diberi angka 1, 2, 3, ..., dan garis yang berada di belakang Budi diberi angka -1, -2, -3, .... Budi melangkah maju sebanyak 4 langkah, kemudian ia mundur sebanyak 7 langkah, kemudian maju 2 langkah dan mundur 4 langkah. Sekarang budi berada di angka berapa, pada garis lantai berpetak.

Diketahui suhu didalam ruangan laboratorium 180C. Karena akan digunakan untuk sebuah penelitian, maka suhu diturunkan menjadi 250C. Setelah 2 jam suhu ruangan laboratorium harus dinaikkan lagi 130C. berapakah suhu ruangan laboratorium sekarang?






LEMBAR OBSERVASI KEGIATAN PEMBELAJARAN

Nama Siswa : ……………………………………………………………………

Kelas : ……………………………………………………………………

Pertemuan Ke- : ……………………………………………………………………

Hari/Tanggal Pelaksanaan : ……………………………………………………………………



Berilah penilaian terhadap aspek pengamatan yang diamati dengan membubuhkan tanda ceklis (√) pada berbagai nilai sesuai indikator.



Keterangan Penskoran:

Skor 1 = Kurang 

Skor 2 = Cukup Guru Mata Pelajaran

Skor 3 = Baik

Skor 4 = Sangat Baik


……………..,………………………………

Guru Mata Pelajaran

………………………………………………….









REKAPITULASI PORTOFOLIO LEMBAR KERJA HASIL DISKUSI KELOMPOK

Kelas : …………………………………………………………………………

Jumlah Pertemuan : …………………………………………………………………………

Hari/Tanggal Pelaksanaan : …………………………………………………………………………










PENILAIAN TES TERTULIS

Nama Siswa : …………………………………………………………………………

Kelas : …………………………………………………………………………

Pertemuan Ke- : …………………………………………………………………………

Hari/Tanggal Pelaksanaan : …………………………………………………………………………

Amir mendaki tebing yang tingginya 10 m dari atas permukaan tanah. Ketika Amir berada puncak pendakian, ia melihat kebawah ternyata dibelakang tebing ada danau yang sangat indah. Kemudian ia bertanya kepada penduduk asli yang disana kedalam danau tersebut, dan ternyata kedalamnya sama dengan tinggi tebing. Coba kalian buatkan tinggi tebing dari permukaan tanah dengan kedalaman danau dalam garis bilangan yang sama.

Hotel GUCI memiliki 20 lantai dengan baseman 5 lantai. Sinta bekerja sebagai resepsionis berada di loby lantai dasar. Pak Adi adalah Manager di Hotel GUCI, ia memiliki kantor di lantai 14. Pak Hendra bertugas menjadi supir Pak Adi, biasanya ia memparkirkan mobilnya di basement lantai 3. Coba kalian gambarkan posisi Pak Adi, Sinta dan Pak hendra dalam garis bilangan.

Pada pukul 07.00 diwaktu setempat suhu di kota Lembang sekitar 190C, setiap 5 jam suhu mengalami kenaikan sekitar 30C. Sekitar jam 17.00 berapa suhu di kota Lembang?

Suhu kota Bandung 210C, sementara pada jam yang sama kota Jakarta suhunya lebih tinggi 100C dari kota Bandung. Berapakah suhu di kota Malang jika lebih rendah 130C dari kota Jakarta.

Sepotong daging dikeluarkan dari kulkas dengan suhu -20C. Daging tersebut dipanaskan




Bagian III. Pengayaan dan Remedial (Diferensiasi)

Pengayaan

Soal pengayaan atau untuk siswa yang nilai berpencapaian tinggi

Suhu dikota K adalah -120C. Suhu di kota L 150C lebih tinggi daripada suhu dikota K. Suhu di kota M 80C lebih rendah daripada suhu dikota N. Jika suhu dikota N adalah 160C, tentukan selisih antara suhu dikota L dab suhu di kota M.

Sebuah balon gas berada 200 meter diatas permukaan air laut ditambatkan diatas gedung. Sebuah gedung bertingkat 20 dibangun diatas tanah 75 meter diatas permukaan laut. Seorang anak berada digedung tersebut dilantai 15. Seorang anak, gedung dan balon berada dalam satu garis vertikal.

Jika setiap tingkat tinggi ruangan 4 meter, tentukan:

Jarak balon gas dengan puncak gedung

Posisi anak diukur dari atas permukaan air laut.

Remedial



Jangan ragu untuk berbagi pengalaman Anda atau menambahkan tips tambahan di kolom komentar. Kami senang mendengar pandangan Anda!

Belum ada Komentar untuk "Modul Fase D Bilangan Bulat positif dan Bilangan Bulat Negatif Kurikulum Merdeka"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel